Rabu, 15 September 2010

Memotivasi Diri

Memotivasi diri di mulai dari diri sendiri, karena motivasi diri yang baik dan bertahan lama adalah motivasi diri yang berasal dari dalam, bukan hanya motivai dari luar. Motivasi diri berkaitan erat dengan cara kita berbicara/berkomunikasi dengan diri kita sendiri. dari salah satu buku pengembngan diri yang pernah saya baca menyebutkan bahwa
"Bukan apa yang terjadi, tapi apa yang saya pikir mengenai apa yang terjadilah yang menyebabkan saya merasa dan bereaksi"

Semakin sering kita berbicara positif kepada diri kita sendiri maka semakin kita merasa positif dengan diri kita sendiri. Semakin pandai kita berbicara/berkomunikasi positif dengan diri kita sendiri maka semakin damai perasaan kita. Selanjutnya semakin meningkatlah motivasi hidup kita. Kita akan semakin berani menatap kehidupan dengan semangat.

Motivasi adalah Alasan untuk bertindak. Itulah definisi yang tepat untuk motivasi. Kata kuncinya adalah Alasan untuk bertindak atau dengan bahasa lain adalah Niat.
Dengan kita memiliki alasan yang kuat untuk melakukan sesuatu maka maka kita memiliki energi untuk melakukannya. Berbicara mengenai alasan maka kita berbicara mengenai sesuatu yang berharga yang menjadi alasan untuk kita capai, sesuatu yang berharga bagi diri kita, sesuatu yang kita mampu mengorbankannya apapun demi mencapainya. Dengan begitu dengan adanya alasan atau dengan adanya Nilai yang kita tuju atau nilai yang sangat penting dan berharga bagi diri kita maka bisa menjadi daya pendorong yang tak akan pernah padam.

Tidak ada komentar: